Saturday, September 8, 2007

Free Download Manager


Jika kamu menggunakan mesin pencari Google dengan memasukkan kata kunci "download manager", kamu akan mendapati situs penyedia aplikasi download manager yang bernama Free Download Manager (FDM) di peringkat pertama. Hal ini pun terjadi jika kita menggunakan mesin pencari lainnya, misalnya Yahoo!. Ini tentu sangat bisa dijadikan parameter keberhasilan suatu situs. Aplikasi (atau situs) ini mengungguli beberapa aplikasi (atau situs) populer serupa, seperti GetRight dan Internet Download Manager (keduanya shareware). Wajar saja lah karena Free Download Manager bersifat open source (GNU GPL). Mari kita biasakan menggunakan perangkat lunak open source (minimal untuk program non-OS karena masih banyak di antara kita belum bisa berpaling dari "kemudahan" Windows).

Di saat awal kemunculannya FDM "hanyalah" freeware, belum open source. Karena permintaan pengguna, Sang Pengembang akhirnya memutuskan untuk menyebarkan source code FDM dengan mendaftarkannya pada situs pengembangan perangkat lunak open source terbesar, SourceForge.Net pada tanggal 24 Juli 2007.

Seperti aplikasi serupa lainnya, FDM juga menerapkan teknik yang serupa dalam mengunduh berkas terutama berkas dengan ukuran besar, yaitu dengan membagi berkas menjadi section-section kemudian mengunduhnya secara simultan sehingga waktu yang dibutuhkan dapat dipangkas.

Versi terbaru aplikasi ini yaitu 2.5. Pada versi ini Free Download Manager telah memiliki banyak fitur menarik, yaitu:
  • Berlisensi GNU General Public License
    Dengan lisensi ini kita bisa mendapatkannya tanpa membajak. Bahkan, kita bisa menyunting source code yang diberikan.

  • Mendukung BitTorrent
    Mengunduh berkas menggunakan protokol BitTorrent.

  • Upload manager
    Mengunggah berkas atau folder dengan mudah untuk dibagi pakai dengan orang lain.

  • Flash video download
    Mengunduh video dari situs video, seperti Youtube. Video yang diunduh ini bisa disimpan dalam format .flv atau dikonversi ke format populer video lainnya.

  • Remote control
    Membuat pengunduhan baru atau melihat daftar pengunduhan yang sedang aktif dan yang sudah selesai secara remote melalui internet.

  • Portable mode
    Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang tidak memiliki komputer sendiri untuk mengakses internet, seperti pengguna warnet. Kamu bisa dengan mudah membuat versi portable aplikasi ini sehingga tidak perlu lagi menginstalasi dan mengaturnya di komputer yang kamu gunakan.

  • Mendukung berkas audio/video lebih baik
    Melihat berkas audio/video sebelum selesai mengunduh dan mengkonversi formatnya setelah mengunduh.

  • Gratis dan 100% aman
    Free Download Manager bersifat gratis karena merupakan perangkat lunak open source yang didistribusikan di bawah bendera GNU GPL.

  • Percepatan mengunduh
    Aplikasi ini memecah berkas menjadi beberapa bagian dan mengunduhnya secara simultan. Dengan ini kecepatannya berlipat ganda!

  • Melanjutkan pengunduhan yang terputus
    Jika proses mengunduh terputus, kamu tidak perlu mulai dari awal lagi. FDM bisa melanjutkan pengunduhan yang terputus sehingga menghemat waktu dan uang.

  • Smart file management dan powerful scheduler
    Dengan FDM kamu bisa dengan mudah mengelola berkas yang telah diunduh berdasarkan tipenya, menempatkannya dalam folder yang telah ditentukan. Smart scheduler memungkinkan kamu untuk memulai dan menghentikan sementara pengunduhan berkas.

  • Mengatur traffic usage
    Kamu bisa mengatur sendiri traffic usage untuk browsing internet dan mengunduh berkas pada waktu yang sama.

  • Site explorer
    Dengan site explorer kita bisa melihat struktur folder sebuah situs dan mengunduh berkas atau folder yang diinginkan.

  • HTML spider
    Kita bisa mengunduh beberapa atau semua halaman web dari sebuah situs menggunakan HTML spider. Kakas ini bisa diatur agar hanya mengunduh berkas-berkas dengan ekstensi tertentu.

  • Mengunduh dari beberapa mirror secara simultan
    FDM bisa mengunduh berkas dari beberapa mirror secara simultan.

  • Mengunduh bagian berkas zip
    Dengan ini kita bisa mengunduh hanya bagian-bagian yang kita inginkan dari sebuah berkas zip.

  • Perlindungan dari spyware dan adware melalui komunikasi antarpengguna
    Kita dapat membaca apa yang anggota komunitas lain katakan tentang berkas yang akan kita unduh langsung dari jendela program ini dan juga menyampaikan opini kita tentan berkas yang telah kita unduh. Dengan cara ini pengguna FDM selalu diperingatkan dari berkas mencurigakan atau tidak berguna.

  • Mendukung banyak bahasa
    Free Download Manager telah mendukung 30 bahasa. Selain bahasa Inggris, bahasa yang didukungnya yaitu bahasa Macedonia, Serbia, Albania, Kroasia, Korea, Arab, Portugis Brazil, Bulgaria, Cina Tradisional, Cina, Ceko, Jerman, Belanda, Prancis, Ibrani, Hungaria, Italia, Polandia, Brazil Portugis, Rumania, Rusia, Slovakia, Spanyol, Swedia, Turki, Uzbekistan, Yunani, Vietnam, Slovenia.

Free Download Manager juga telah menerima banyak penghargaan, seperti dari PC World, CNET Download.com, dan Chip Online.

Untuk informasi lebih lanjut atau mengunduhnya, kamu bisa mengunjungi situs resminya di sini.

No comments:

Post a Comment