Sunday, January 6, 2008

Ganti Template, Bagus Kan?

Kemarin saya mengganti template blog ini. Sebelumnya saya menggunakan template resmi dari Blogger, namanya Tic Tac, pembuatnya Den Cederholm. Saat ini sudah ganti menggunakan template dari pihak ketiga (Jack Book), namanya Red White Web 2.0 Blogger Template, pembuatnya Carl Mason. Sebenarnya sudah lama saya ingin mengganti template blog ini. Saya sudah berusaha mencari di berbagai tempat, tetapi baru bisa kali ini. Setelah mendapatkan template ini pun saya masih harus berjuang karena perlu penyesuaian. Memang, di situs sumbernya menyediakan instruksi penggunaan, tetapi coba lihat, hanya instruksi (sangat) dasar. Itu pun saya rasa susah dipraktikkan oleh orang awam. Mungkin karena template ini disunting oleh orang lain (bukan pembuatnya). Ya, menurut Jack Book, template ini sejatinya dibuat untuk Wordpress. Kemudian oleh kristofer93 diadaptasi ke Blogger. Sudah diberi template gratis, masih mengeluh? Coba lihat deh blog lain yang menggunakan template ini. Bisa kamu googling dengan kata kunci Carl Mason. Banyak konten dalam blog tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Beberapa kode yang seharusnya disematkan di balik tampilan yang apik tersebut tidak ditulis. Misalnya saja pada "Up?" yang seharusnya jika diklik, halaman akan kembali ke bagian atas. Selain itu, ada juga yang menghapus search box di header (karena tidak suka atau tidak berfungsi?). Padahal, kodenya sudah disediakan di situsnya. Ya sudahlah, yang penting saya sudah berhasil mengimplementasikannya. Kalau kamu ingin bertanya, silakan.

2 comments:

  1. Assalamu'alaikum wr.wb.

    kenalkan...saya Rachmad Vidya STEI ITB 2007

    Saya mau tanya gimana sih cara ganti template blog?
    saya bingung ma code2nya!
    Mohon bantuannya...saya sangat ingin ganti template

    ReplyDelete
  2. Ass. Bang ni Suya. Q pingin punya template kaya punya abang .. tapi gak bisa-bisa mohon bantuan nya ya.. bang..
    email : uya_so7@ymail.com

    ReplyDelete