Saturday, January 19, 2008

Akhirnya DVD NetBeans 6.0 Sampai di Tanganku

Pagi tadi saya menerima DVD Starter Kit NetBeans 6.0 yang saya minta langsung dari Sun Microsystems, Inc. lewat situs NetBeans (www.netbeans.org). Kira-kira waktu yang ditempuh sejak pemesanan hingga sampai ke tanganku 6-7 pekan. Cap pos dari kantor pos asalnya (Praha, Rep. Ceska) tercatat tanggal 10 Januari 2008. Berarti DVD ini "melaju" dari "terminal pemberangkatan" hingga sampai tujuan (tempat kos saya di Bandung) memakan waktu 9 hari. Ini kali ketiga saya memesan CD/DVD semacam ini. Sebelumnya saya pernah dua kali memesan CD Ubuntu. Yang pertama dikirim ke Bandung. Yang kedua dikirim ke Tegal. Berbeda dengan CD Ubuntu, DVD NetBeans ini benar-benar gratis. Asli! Tanpa merogoh kocek sama sekali. CD Ubuntu memang sebenarnya gratis, tetapi kita harus membayar sejumlah uang kepada Pos Indonesia. Kalau tidak salah paket CD-nya dibungkus kembali oleh perusahaan tersebut--sudah lupa soale sudah lama banget, versi 6.06. Mungkin biaya yang kita bayarkan digunakan untuk itu. Namun, ada perbedaan di antara dua pengiriman CD Ubuntu ini. Waktu dikirim ke Bandung, CD diantar sampai ke tujuan, sedangkan waktu dikirim ke Tegal, CD harus diambil ke Kantor Pos--sebelumnya saya menerima pemberitahuannya. Karena perbedaan ini, biaya yang harus saya keluarkan pun berbeda. Jauh lebih murah dikirim ke Tegal. Seingat saya kalau ke Bandung Rp 5.000, kalau ke Tegal Rp 2.000--maaf kalau salah. Sekarang beralih ke DVD NetBeans 6.0. Awalnya saya tidak berminat memesannya. Pada awal peluncuran, saya bermaksud mengunduhnya langsung, tetapi diblok oleh "Cumi ITB". Aneh kan? Beberapa hari kemudian, ada seorang mahasiswa Teknik Informatika ITB angkatan 2004 yang memberitahukan bahwa sudah ada NetBeans 6.0 untuk Windows di server ITB. Namun, saya tidak mengunduhnya. Malah saya "terbang" ke NetBeans lagi bermaksud mengunduhnya langsung, tetapi masih diblok juga oleh "Cumi ITB". Terus saya terpikir untuk memesan DVD. Dalam pikiran saya, pasti isinya tidak hanya installer NetBeans 6.0 untuk Windows seperti yang sudah ditaruh di server ITB tadi karena berkas installer NetBeans versi sebelumnya yang untuk Windows hanya berukuran 50-an MB. Jika ada 10 installer (untuk Windows, Linux, Solaris, dsb.) saja masih cukup disimpan dalam satu CD. Hari-hari berikutnya saya iseng untuk mengecek status pesanan. Beberapa kali saya lakukan, hasilnya selalu belum dikirim. Jadi cape sendiri. Akhirnya mencoba untuk mengunduh, dan kali ini "Cumi ITB" sudah memperbolehkannya. Dugaan saya mengenai berkas installer sedikit melenceng. Ternyata di sana bisa langsung memilih pak yang akan diunduh. Saya pilih yang full. Berkas ini ternyata berukuran 167 MB. Jadi, kalau ada 5 installer ini saja sudah harus menggunakan DVD. Namun, saya tetap optimis mendapatkan data-data tambahan selain installer. Masa dari kapasitas 4 GB lebih hanya digunakan 1 GB? Kemudian saya juga mengunduh beberapa tutorialnya. Kok jadi keluar dari pembahasan DVD lagi? Ya wis, balik maning maring DVD NetBeans 6.0. Ini nih konten penting dari DVD ini.
  1. Installer untuk Windows 2000/XP/Vista, Linux (x86/x64), Solaris 10 (x86/x64), Solaris 10 (sparc), MacOS X (intel), dan MacOS X (powerpc) Berisi Java SE Development Kit 6 Update 3 dan NetBeans IDE 6.0 (Base IDE; NetBeans Packs: Java SE, Web & Java EE, Mobility, UML, SOA, Ruby, dan C/C++; serta Runtimes: GlassFish V2 dan Apache Tomcat 6.0.14).
  2. Starter Kit Berisi dokumentasi dan tutorial, yaitu Getting Started With NetBeans IDE, Java Learning Materials, dan IDE Learning Trails. Ada contoh programnya juga lho.

No comments:

Post a Comment