Thursday, January 3, 2008

Menampilkan Status Online Yahoo! Messenger di Situs

Tentu tidak jarang kita melihat situs yang menampilkan sebuah gambar dari Yahoo! Messenger bertuliskan Not Online atau I'm Online seperti berikut:

Gambar di atas bukanlah sekadar gambar biasa. Gambar ini menunjukkan status Yahoo! ID di Yahoo! Messenger apakah sedang online atau offline. Biasanya ID tersebut milik si pemilik, webmaster, atau kontak/support situs yang bersangkutan. Bagaimana sistem kerjanya? Dan bagaimana pula cara membuatnya?

Begini cara kerjanya. Jika gambar tersebut (baik bertuliskan Not Online maupun I'm Online) kita klik, maka ada dua skenario bergantung pada kode yang ditanamkan di balik ikon tersebut. Yang pertama (dan juga yang klasik), program Yahoo! Messenger di komputer kita akan ditampilkan. Tentu saja jika program tersebut sudah terpasang di komputer kita. Yang kedua (ini lebih "modern"), internet browser yang kita gunakan akan membuka situs webmessenger.yahoo.com (Yahoo! Messenger versi web). Selanjutnya, sama. Jika kita sudah online sebelum mengklik ikon tersebut, maka kita langsung dihadapkan pada jendela conversation dengan orang tersebut. Jika belum online, kita harus sign in dulu.

Sekarang, cara membuat ikon tersebut. Kamu cukup menyisipkan salah satu kode di bawah ini ke situs kamu. Bila akan menambahkannya ke dalam blog kamu di Blogger, maka masuklah ke menu "Template" > "Elemen Halaman", klik "Tambahkan sebuah Elemen Halaman" di bagian template blog, pilih "HTML/JavaScript", salin kodenya pada bagian konten (judulnya terserah kamu), simpan.

  1. Versi desktop
    1. Tampilan (asli, bisa dicoba diklik):
    2. Kode:

      Ingat, ganti YAHOO!-ID pada kode di atas dengan Yahoo! ID kamu.
  2. Versi web
    1. Tampilan (asli, bisa dicoba diklik):
    2. Kode:

      Ingat, ganti YAHOO!-ID pada kode di atas dengan Yahoo! ID kamu.
Gambar yang ditampilkan tidak hanya seperti yang ditampilkan di atas. Semuanya ada 25 gambar berbeda. Cara menggunakannya tinggal mengganti variabel t (0-24) pada kode di atas (baik versi desktop maupun versi web). Berikut ini gambar dan nilai t-nya.
  1. t=0
  2. t=1
  3. t=2
  4. t=3
  5. t=4
  6. t=5
  7. t=6
  8. t=7
  9. t=8
  10. t=9
  11. t=10
  12. t=11
  13. t=12
  14. t=13
  15. t=14
  16. t=15
  17. t=16
  18. t=17
  19. t=18
  20. t=19
  21. t=20
  22. t=21
  23. t=22
  24. t=23
  25. t=24

Gambar lengkap online dan offline bisa dilihat di sini.

Di antara dua versi seperti yang disebutkan di atas, tentu versi web lebih layak dipilih karena bisa berjalan dalam kondisi apapun. Berbeda dengan versi desktop. Versi desktop hanya berjalan jika di komputer kita sudah terpasang aplikasi Yahoo! Messenger. Tentu tidak semua komputer sudah terpasang aplikasi ini, apalagi aplikasi ini hanya tersedia untuk Windows. Sebenarnya kode versi desktop memanggil perintah yang terdapat pada registry di Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Classes\ymsgr\shell\open\command. Di situ ada satu registry. Nah, jika registry tersebut (di)rusak tentunya aplikasi Yahoo! Messenger tidak bisa dipanggil.

Selamat mencoba!