Monday, December 16, 2013

Cerdik Belanja Kosmetik The Face Shop di Myeongdong, Korea

Kemarin (Minggu, 15 Desember 2013) saya pergi ke Myeongdong untuk belanja titipan kosmetik The Face Shop di Myeongdong. Saya tahu bahwa The Face Shop sedang ada big sale. Diskon untuk semua item, 20% s.d. 50%. Hari itu adalah hari terakhir big sale tersebut. Saya memang sengaja belanja pada hari terakhir sale agar semua titipan terkumpul lebih dulu.

Saya masuk ke salah satu counter The Face Shop di sana. Tanpa ada curiga, saya pun mencari barang yang ingin dibeli, yakni BB cream, body lotion, eyeliner, eyebrow, dan mask sheet. Belanja kosmetik di Myeongdong susahnya adalah ketika kita ingin beli mask sheet secara satuan. Di sana mask sheet ini sudah dibungkus menjadi 1 paket dengan isi campuran. Jadi, kalau kita ingin membeli varian tertentu dengan jumlah sedikit akan susah. Waktu itu saya hendak membeli semua (15) jenis Real Nature Mask Sheet, masing-masing 10 buah. Di sana paketnya adalah isi 50 (ada 10 jenis, masing-masing 5 buah) seharga 50 ribu Won.

Saya utarakan keinginan saya untuk membeli masing-masing 10 buah kepada penjaga toko. Tapi entah kenapa (saya lupa persisnya), dia memutuskan untuk mengambil 1 paket plus 2 jenis lagi masing-masing 5. Jadi total 60 buah. Hanya 12 varian. Padahal, seharusnya ada 15 varian.

Nah, pada saat dia mengambil tambahannya, saya jadi teringat big sale dan merasa aneh kenapa harga yang tertera tidak didiskon. Seharusnya harganya seperti di bawah ini (diambil dari website http://www.thefaceshop.com). Real Nature Mask Sheet yang harganya 1000 Won, setelah diskon 50% harganya menjadi 500 Won.
Di luar maupun di dalam toko pun tidak ada poster atau semacamnya yang menandakan sedang ada sale.
Saya tanyakan kepada penjaga toko. Jawabnya diskon hanya untuk member (memiliki kartu member). Saya pun tidak terima. Sebelumnya saya pernah dapat harga tidak diskon di Etude House, padahal sedang sale (tapi akhirnya didiskon setelah kembali ke toko dan komplain). Si penjaga toko mengkonfirmasi kepada (sepertinya) manajer toko yang juga menjadi kasir.

Hasilnya, saya diberi diskon, tapi hanya bisa membeli barang sebanyak 1 tas saja. Mask sheet yang hendak dibeli pun sebagian harus dikembalikan, tinggal 1 paket saja yang saya beli. Yah... tak apalah, masih bisa beli di tempat lain.


Sesampainya di hotel, saya periksa apa saja yang masih kurang. Kemudian saya belikan di Homeplus sebelah hotel. Pelayanan di sini sangatlah fair. Mereka memajang poster big sale. Harga di setiap produk juga ditimpa dengan stiker harga setelah diskon.
Belanja di sini tidak pernah ditanya tentang membership untuk mendapatkan diskon seperti ini (tetapi biasanya ditanyakan membership Homeplus, saya tidak tahu benefitnya apa). Akhirnya saya menyelesaikan belanja di sini dengan senang hati.

Update 17 Agustus 2014
Saya menjual The Face Shop Real Nature Mask Sheet. Ada dua lapak yang saya buka, yaitu di Kaskus dan Qoo10. Harganya Rp 20.000 per buah.