Saturday, April 18, 2015

Tes Indosat 4G LTE

Setelah hampir 2 tahun memiliki HP yang mendukung jaringan 4G LTE, akhirnya saya bisa merasakan jaringan tersebut juga. Bukan di Korea (di mana saya beli HP 4G LTE), melainkan di Indonesia. Di Korea saya hanya pakai jaringan 3G karena (sepertinya) hanya kartu pascabayar yang bisa pakai 4G LTE, sedangkan saya hanya bisa membeli kartu prabayar.

Saat ini jaringan 4G LTE di Indonesia menggunakan frekuensi 900 MHz. Beruntung HP saya (Pantech Vega Iron IM-A870K) mendukungnya. Namun sayangnya, jaringan 4G LTE milik Indosat baru tersedia di Jakarta. Itu pun hanya setitik bagian Jakarta, hanya di pusat kota Jakarta, sekitaran Thamrin dan Sudirman.

Untuk bisa menangkap sinyal 4G LTE, kita harus menukar kartu SIM kita dengan kartu SIM yang mendukung 4G LTE. Saat ini penukaran hanya bisa dilakukan di Galeri Indosat Pusat dan Sarinah. Perlu dicatat bahwa tidak semua kartu bisa ditukar dengan kartu 4G LTE. Hanya kartu area Jakarta (mungkin Jabodetabek) yang bisa ditukar. Selain itu, kita juga harus menggunakan paket internet minimal 49 ribu.

Berikut ini screenshot tes kecepatannya. Lokasi di Xtrans Travel dekat Stasiun Sudirman.
Tes kecepatan Indosat 4G LTE
Tes kecepatan Indosat 4G LTE
Tes kecepatan Indosat 4G LTE
Tes kecepatan Indosat 4G LTE
Dan ini saat menggunakan 3G.
Tes kecepatan Indosat 3G
Tes kecepatan Indosat 3G

No comments:

Post a Comment