Saturday, May 17, 2008

Mengunduh Fedora 9 "Sulphur"

Pada hari Selasa 13 Mei 2008 Fedora 9 dirilis. Rilis ini tidak sesuai jadwal. Dalam jadwal (awal) Fedora Project, versi yang diberi codename Sulphur ini seharusnya dirilis akhir April 2008 (seingatku tanggal 29 April 2008). Beberapa saat setelah dirilis, installer(.iso)-nya pun sudah bertebaran di banyak FTP mirror di seluruh dunia--tapi di Indonesia belum ada. Mulai lah aku mengunduhnya (yang i386 dan x86_64 untuk media DVD).

Karena pekan ini banyak pekerjaan bukan rutin (misal: demo & review iterasi 3 tugas IF3262, tugas 4 IF3292, dan UAS IF3261) jadi aku mengunduhnya ke komputer ComLabs ITB dan aku tinggalkan. Pada hari pertama koneksinya lambat sehingga belum semuanya terunduh. Hingga akhirnya pada hari ini Sabtu 17 Mei 2008 aku mempunyai "waktu luang" di ComLabs. Aku pun melanjutkan pengunduhan. Berkas yang sudah diunduh sebelumnya (di komputer ComLabs) aku pindahkan dulu ke komputerku melalui perantara FTP ComLabs (soale HD eksternalku rusak) untuk dilanjutkan pengunduhannya. Rate-nya cukup menentramkan jiwa. Dan pada suatu saat bisa melebihi 3000 kbytes/s--luar biasa bukan untuk pengunduhan dari FTP di luar jaringan ITB. Kalau dirata-rata mungkin sekitar 250 kbytes/s. Ini sekrinsyot saat koneksi berada di masa kejayaan (yang tertangkap sekitar 2800 kbytes/s):

Setelah beberapa jam pengunduhan pun selesai.

Dua pekan depan adalah masa UAS. Setelah UAS pun masih ada tugas IF3211. Mungkin aku baru bisa menikmati Sulphur ini awal Juni. Setelah itu KP.

Kalau kamu juga ingin menikmati Fedora 9 ini, tidak bisa mengunduhnya, dan ingin mendapatkan installer-nya dalam bentuk CD/DVD; bisa hubungi aku via Y!M (lihat "Chat with Me" di sidebar).

1 comment:

  1. wah, Fedora 9 stable... ada mirrornya gak di ftp://167.205.x.x? :)

    ReplyDelete