Sunday, April 13, 2014

Tarif Baru Indosat Super Internet (Maret 2014)

Indosat Super Internet Banner
Akhir Maret lalu Indosat memperbarui skema paket internet mereka yang dinamakan Super Internet. Skema paket internet Indosat termasuk paling mudah untuk dipahami. Indosat hanya membagi paket internet mereka menjadi paket kuota dan unlimited, serta paket tambahan extra kuota. Kuota yang disediakan bisa digunakan di jaringan apa pun. Tidak ada pembagian kuota untuk penggunaan di jaringan 3G, 2G, atau lainnya seperti operator lain. Bagi pelanggan yang berlangganan internet bulanan (kecuali paket kuota 4 GB/Rp 25.000) juga mendapatkan akses Indosat Super Wi-Fi gratis.

Bagaimana skema Indosat Super Internet saat ini?

Paket Kuota
Indosat menambahkan dua item baru pada paket ini, yaitu 60 MB/Rp 2.000/harian dan 8 GB/Rp 29.900/bulanan. Namun, mereka mencantumkan informasi bahwa kedua paket tersebut adalah promo yang berlaku hingga 31 Mei 2014. Indosat menamakan keduanya Internetan Siang Malam karena bonus kuotanya dibagi menjadi dua, siang (09.00-17.00) dan malam (01.00-06.00). Selain penambahan tersebut, Indosat juga menghapus promo kuota 6 GB/Rp 25.000/bulanan. Berarti promo 8 GB/Rp 29.900/bulanan saat ini hadir untuk menggantikannya. Berikut ini skema lengkapnya.
Indosat Super Internet Paket Kuota
Sangat penting untuk diketahui bahwa kuota yang tertulis di atas adalah total kuota yang akan didapatkan pelanggan, yang sebagian besar hanya bisa digunakan pada waktu tertentu. Di bawah ini penjelasannya.
Ketentuan kuota bonus Indosat Super Internet Paket Kuota
Gratis akses Whatsapp juga dihilangkan, diganti dengan gratis akses BBM untuk pelanggan yang membeli paket bulanan. Perlu diketahui bahwa BBM yang dimaksud adalah BBM untuk Android, iOS, dan BB 10. Bukan BBM untuk BB versi di bawah 10, yang membutuhkan paket khusus BlackBerry Internet Service (BIS). Meski gratis, ternyata ada batas kuotanya juga, yakni 30 MB per 30 hari. Berikut ini keterangan dari Indosat.
Ketentuan gratis BBM Indosat Super Internet Paket Kuota
Paket Extra Kuota
Tidak ada perubahan pada paket ini. Pelanggan yang perlu tambahan kuota bisa membeli paket ekstra ini, baik sebelum maupun sesudah kuota pada paket utamanya habis, asalkan masih dalam masa aktif paket utama. Paket ini tidak menambah masa aktif paket kuota utama. Berikut item-item yang tersedia.
Indosat Super Internet Paket Extra Kuota
Paket Unlimited
Paket ini juga tidak mengalami perubahan. Bagi pengguna internet yang membutuhkan kuota tak terbatas dan bersedia mengorbankan speed lebih cocok memilih paket unlimited. Kecepatan maksimum paket ini adalah 1 Mbps. Jika sudah mencapai batas pemakaian wajar atau fair usage policy (FUP), maka kecepatan akan diturunkan menjadi maksimal 64 Kbps. Berikut ini pilihan yang tersedia pada paket unlimited.
Indosat Super Internet Paket Unlimited
Cara Registrasi
  • Melalui UMB/USSD code *123#.
  • Melalui SMS ke 363 dengan format:
    • Paket Super Internet Kuota: KuotaHarga, misal Kuota49K.
    • Paket Super Internet Unlimited: ULHarga, misal UL100K.
    • Paket Extra Internet: ExtraHarga, misal EXTRA20K.
  • Melalui situs Indosat Assistant (INSTANT).
Info selengkapnya, klik di sini.

Update 17 Agustus 2014
Indosat telah memperbarui skema Super Internet pada 15 Juli 2014. Baca artikelnya di sini.