Wednesday, February 25, 2009

Ngajar Pelatihan Bikin Website

Alhamdulillah, baru saja mengawali pelatihan website programmer term 1 - 2009 di ComLabs ini (situsnya ga up-to-date, jadi ga aku link) dengan cukup baik. Baru kali ini jadi instruktur di sesi awal-awal (sesi 2). Seperti biasa, aku diberi tahu mau jadi instruktur beberapa jam sebelum pelatihan dimulai. Posisiku sebenarnya hanya asisten, jadi ga perlu nyiapin macem-macem, tinggal datang dan beraksi (sebenarnya salah ga sih begini, tapi mau nyiapin apa?). Instruktur aslinya menyatakan bahwa untuk term ini tidak akan jadi instruktur lagi, jadi aku naik jadi instruktur dan asisten kedua jadi asisten pertama. Masalah datang lagi, karena asisten kedua tidak bisa di jadwal hari Rabu. Ada yang mau gantiin? Awalnya, jam 15 kurang beberapa menit tadi, di sela-sela jadwal kuliyah, aku diberi tahu dari seorang staf ComLabs via tilpun bahwa si instruktur mulai sesi ini hingga selesai (term ini) tidak akan ngisi lagi. Cukup terkejut mendengarnya. Otomatis aku diminta untuk menggantikannya. Aku pun tidak bisa menolak (maklum lah wong Jawa [dudu Jowo koyo Letto]). Gimana siap-siapnya padahal jam 15 sampe 17 ada kuliyah. Alhasil, aku hanya mencari slide materi yang akan digunakan dan alhamdulillah ada di komputer ini. Terus aku kirim SMS ke asisten satunya lagi mengenai hal ini. Dan, dia ga bisa untuk hari Rabu. Wah, berarti hari ini main single. Waktu terus berlalu ... (kaya Element aja di lagunya, Rahasia Hati, yang populer pas jaman aku SMA). Pelatihan terlambat dimulai. Ternyata direktori (alias folder) materinya yang aku salin dari komputer ke flesdis salah. Aku harus nyalin lagi dari komputer. Pelatihan baru dimulai setelah lewat 15 menit dari jadwal sebenarnya. ... Akhirnya jam sudah menunjukkan pukul 19 dan aku harus mengakhiri semuanya (halah...). Tak lupa aku beri tugas buat peserta dan mengingatkan mereka untuk mengisi umpan balik (alias feedback). Ini dia umpan baliknya: 167.205.xx.yyy cukup. 167.205.xx.yyy cukup menyenangkan 167.205.xx.yyy cukup puas.......... 167.205.xx.yyy Lebih bagus..lebih jelas dan interaktif 167.205.xx.yyy ... 167.205.xx.yyy bagussss... 167.205.xx.yyy Semangit tertarik ma php... wheheh 167.205.xx.yyy Mas bisa nanya2 langsung ke emailnya gak? Trim's [alamat_email] 167.205.xx.yyy Materinya banyak ya.. 167.205.xx.yyy OK Pada kesempatan-kesempatan sebelumnya aku biasa dapat komentar yang negatif (cuma sebagian sih, ga semua peserta). Tapi kali ini, alhamdulillah, tidak ada yang memojokkan. Walaupun baru sesi 2, tapi cukup menenangkan perasaan dan pikiranku. Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi. Kalau ga, rugi/celaka-lah aku.

No comments:

Post a Comment