Sunday, March 23, 2014

Samsung Galaxy S5 Sudah Bisa Dipesan

Samsung Galaxy S5 Launch Package
Pada hari Sabtu kemarin (22 Maret 2014) Samsung Electronics Indonesia resmi membuka pre-order produk flagship mereka Samsung Galaxy S5 secara besar-besaran. Beberapa hari sebelumnya mereka memang sudah membuka pre-order, tetapi hanya eksklusif kerja sama dengan Telkomsel. Kali ini mereka membuka pre-order kerja sama dengan banyak pihak, terutama bank penyedia kartu kredit.

Dijual pada harga Rp 8.499.000, pada pre-order ini pembeli bisa mendapatkan potongan harga senilai sekitar Rp 700 ribuan, voucher dari merchant tertentu, bonus paket data dari operator, dan berbagai macam hadiah lainnya bergantung pada tempat pembelian.

Perlu diketahui bahwa varian untuk pasar Indonesia adalah SM-G900H, seperti yang tertulis di website Ditjen Postel Kemenkominfo.
Samsung SM-G900H (alias Samsung Galaxy S5) tertulis di website Ditjen Postel Kemenkominfo
Perbedaan paling mendasar varian ini dibandingkan dengan varian-varian lainnya adalah chipset yang digunakan. Pada varian yang dijual di Indonesia ini, Samsung menggunakan chipset mereka sendiri Samsung Exynos 5422 octa-core (1,9 GHz quad-core + 1,3 GHz quad-core), berbeda dengan varian utamanya (yang juga dijual di tanah air mereka) yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 801 MSM8974-AC (2,5GHz quad-core, Krait 400).
Samsung (di website http://www.galaxylaunchpack.com) menulis 1.9GHz Quad Core + 1.3GHz Quad Core pada spesifikasi Samsung Galaxy S5
Lalu apa perbedaan dari kedua chipset tersebut? Yang jelas Samsung Exynos 5422 belum mendukung jaringan LTE, sedangkan Qualcomm Snapdragon 801 MSM8974-AC sudah mendukungnya. Jadi sampai saat ini Samsung masih saja belum bersedia merilis ponsel versi LTE mereka ke pasar Indonesia, tidak seperti pabrikan lainnya seperti Sony. Selain itu, walaupun menyandang gelar octa-core, performa Samsung Exynos 5422 sepertinya tidak lebih baik daripada Qualcomm Snapdragon 801 MSM8974-AC.

Namun, anehnya Samsung sendiri menulis lain di halaman spesifikasi Samsung Galaxy S5 seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Sepertinya halaman ini merupakan halaman global Samsung Electronics, bukan khusus untuk Indonesia.
Samsung (di microsite Samsung Galaxy S5) menulis AP LTE 2.5GHz Quad core application processor pada spesifikasi Samsung Galaxy S5
Seperti mengacu pada halaman tersebut, beberapa jaringan ritel penyedia Samsung Galaxy S5 juga salah dalam menulis spesifikasi chipset atau prosesor. Sebut saja Bhinneka, Erafone, dan Lazada.
Bhinneka menulis AP LTE 2.5GHz Quad core application processor pada spesifikasi Samsung Galaxy S5
Erafone menulis CPU LTE 2.5GHz Quad core application processor pada spesifikasi Samsung Galaxy S5
Lazada menulis Quad-core 2.5GHz Krait 400 Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 pada spesifikasi Samsung Galaxy S5
Sejauh saya perhatikan, hanya Blibli yang mendekati benar. Mereka hanya salah dalam menulis nomor seri chipset, yakni 5420, seharusnya 5422 (mungkin malah sebaliknya saya yang salah).
Blibli menulis chipset Exynos 5 Octa dan CPU quad-core 1.9 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 pada spesifikasi Samsung Galaxy S5

Untuk melihat informasi selebihnya bisa kunjungi website http://www.galaxylaunchpack.com.

Untuk membeli langsung Samsung Galaxy S5, berikut ini beberapa toko online dan operator yang menjualnya: