Monday, May 5, 2014

Aneka Jajanan di Myeongdong, Korea

Myeongdong
Myeongdong merupakan surga bagi wisatawan di Korea yang ingin membelanjakan uang mereka. Area ini dipenuhi toko produk fashion dan kosmetik. Mulai dari produk fashion lokal seperti SPAO, Top10, dan TNGT sampai produk fashion asing seperti Uniqlo, Adidas, Nike, dan Lacoste. Dan juga ada 3 toko sepatu yang menjual berbagai merek (Adidas, Nike, Reebok, Puma, Prospecs, Pony, dll.), yaitu ABC Mart, Les More, dan Shoesmarker. Untuk kosmetik, produk lokal lebih mendominasi karena memang produk ini sudah go international dan booming (sampai Indonesia juga), misalnya The Face Shop, Etude House, Nature Republic, dan Missha.

Aktivitas berbelanja dari toko ke toko di Myeongdong tentu menghabiskan banyak energi, apalagi ada beberapa toko besar seperti Uniqlo dan SPAO. Dan juga area ini sangat padat terutama pada malam hari. Untuk mengisi energi, kita bisa menyantap aneka makanan yang dijajakan di tengah jalan. Apa saja makanan yang ada di sana? Berikut ini beberapa yang sempat saya abadikan.


Twister potato chip (KRW 2.000)

Stroberi coklat

Kue telur


Gulali (KRW 1.000)

Cumi


Crepes

Roti

Es tebu, es jeruk

Ubi

Cotton candy (arum manis)

Cumi

Cake

Udang goreng tepung


Cumi

Odeng asin, odeng pedas, kue telur

Kebab

Waffle


Cumi
Penjual makanan di sini tidak selalu mengisi tempatnya setiap hari. Hanya beberapa dari mereka yang berjualan sepanjang tahun, seperti penjual twister potato chip dan cumi. Musim di sini sangat mempengaruhi makanan yang dijual. Misalnya odeng akan banyak dijumpai ketika musim dingin dan es krim bisa dijumpai ketika musim panas.

Dari sekian banyak makanan itu, yang biasa saya makan adalah twister potato chip, gulali, dan odeng. Terutama odeng pedas, bumbunya lebih berasa. Saya juga belum pernah lihat odeng pedas di daerah selain Myeongdong ini.