Sunday, August 17, 2014

Menanti Penjualan Resmi Xiaomi di Indonesia

Logo Xiaomi
Xiaomi merupakan pabrikan smartphone dari Tiongkok yang sangat fenomenal. Baru didirikan pada tahun 2010, satu tahun kemudian mereka merilis smartphone pertama mereka. Mereka pun langsung merebut hati para pengguna smartphone di tanah airnya. Ketika itu smartphone mereka hanya dijual secara resmi di Tiongkok. Pencinta Xiaomi di luar negeri yang ingin memilikinya pun harus membelinya di situs online baik yang berafiliasi langsung dengan Xiaomi maupun tidak. Tentu harganya lebih mahal.

Setelah dua tahun berjaya di negara sendiri, Xiaomi memutuskan untuk go international. Bergabungnya Hugo Barra menjadi Vice President of International di Xiaomi pada September 2013 menandakan keseriusannya. Bagaimana tidak? Hugo Barra sebelumnya adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam pengembangan Android di Google.

Setelah ekspansi ke beberapa negara, di antaranya Singapura dan Malaysia, kini Indonesia bersiap menyambut Xiaomi. Kedatangan mereka di Indonesia memang terhitung lama dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Bermula dari hadirnya Hugo Barra di Indonesia Cellular Show pada Juni 2014 (baca beritanya di sini), smartphone Xiaomi direncanakan siap untuk dijual di Indonesia pada akhir Agustus 2014.

Kini kalender menunjukkan pertengahan Agustus 2014. Seperti di Singapura dan Malaysia, mereka pun sudah membuat halaman khusus untuk Indonesia di website resmi, www.mi.com/id. Selain itu, mereka juga membuat page resmi di Facebook dengan nama Mi Indonesia. Saat ini mereka sedang mengadakan sayembara merancang smartphone dengan budget Rp 2 juta. Sayembara tersebut baru dimulai hari Kamis lalu tanggal 14 Agustus 2014. Hadiah yang bisa dimenangkan adalah smartphone dan earphone Xiaomi.

Smartphone apa yang akan dijual di Indonesia? Xiaomi belum memberi tahu hal ini. Kemungkinan yang dijual adalah smartphone flagship Mi 3, smartphone mid range Redmi 1S, dan phablet Redmi Note, sesuai dengan yang dipamerkan di perhelatan Indonesia Cellular Show 2014. Namun, menurut rumor yang beredar, pada penjualan perdana nanti smartphone yang akan dijual hanya Redmi 1S (baca beritanya di sini). Sebelum memutuskan untuk membeli, kita bisa baca review-nya terlebih dulu. Berikut ini review tentang ketiga produk tersebut.


Berdasarkan penjualan yang sudah dilakukan di beberapa negara, Xiaomi hanya menjual produknya secara online melalui website resmi mereka. Selain itu, mereka juga hanya menjual dalam waktu tertentu dan produk yang disediakan juga tidak banyak. Tentu kita sering mendengar kabar bahwa smartphone Xiaomi ludes terjual sekian unit hanya dalam waktu sekian menit. Jadi, bagi peminat smartphone Xiaomi, apalagi jika ingin mendapatkan kesempatan perdana, jangan lupa like page Mi Indonesia di Facebook atau pantengi terus website resmi Xiaomi Indonesia agar tidak ketinggalan saat penjualan sudah dibuka.