Sunday, March 12, 2017

Review Paket Indosat Freedom M Promo

SMS promo Indosat Freedom M
Sebulan yang lalu, tepatnya pada tanggal 9 Februari 2017 saya mendapatkan SMS promo dari Indosat. Biasanya promo-promo yang dikirimkan melalui SMS tidak menarik. Namun, kali ini saya sangat tertarik untuk menggunakannya. Bagaimana tidak, di saat kuota paket internet Freedom mereka turunkan, ada promo paket Freedom M dengan harga yang murah. Waktunya pun sangat tepat bersamaan dengan berakhirnya paket yang sedang saya gunakan.

Berikut ini isi SMS tersebut:
"Rp30rb/bulan bisa TELP & SMS SEPUASNYA ke sesama Indosat plus INTERNETAN 3GB+10GB(4G). Mau? Buruan ketik YA ke 919. Penawaran ini berlaku sd 11 Feb 2017."

SMS promo Indosat Freedom M
Di SMS tersebut tidak dijelaskan nama paketnya. Setelah saya balas YA dan paket aktif, barulah diketahui bahwa ini ternyata paket Freedom M.

Indosat Freedom M promo
Paket promo ini harganya hanya Rp 30 ribu per bulan, (hampir) separuh dari harga aslinya Rp 59 ribu. Bahkan, kuotanya malah kebalikan jadi (hampir) dua kali lipat dibandingkan dengan kuota aslinya. Untuk Freedom M reguler kuotanya hanya 2 GB + 5 GB (4G) + 500 MB (stream on), sedangkan untuk promo ini  3 GB + 10 GB (4G). Jadi, harganya hanya Rp 2300-an per GB.

Bagaimana kecepatan internetnya? Hmm, sangat disayangkan Indosat tidak transparan dalam hal ini. Tidak ada info sama sekali berapa kecepatannya. Dari pengalaman saya, kecepatannya suka berubah-ubah. Kadang cepat, kadang lambat. Kabarnya sih ada pembatasan alias fair usage policy (FUP), tetapi kurang jelas juga bagaimana skemanya. Berikut ini tes kecepatan yang saya lakukan pada tiga hari berbeda.

Tes kecepatan 1

Tes kecepatan 2

Tes kecepatan 3
Setelah satu bulan pemakaian, paket ini berakhir juga pada hari kemarin (11 Maret 2017). Sebelumnya saya mendapatkan SMS notifikasinya. Ternyata harganya masih promo Rp 30 ribu sehingga saya memutuskan untuk mengisi pulsa agar paket tersebut diperpanjang otomatis. Namun, sayangnya sisa kuota utama tidak diakumulasikan ke kuota baru 😞.

No comments:

Post a Comment